^_^

Assalaamu`alaikum... ^_^








Rabu, 04 Februari 2009

Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pada mahasiswa di pendidikan jarak jauh.

Judul :
Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pada mahasiswa di pendidikan jarak jauh.

Latar Belakang :
Pengembangan suatu pendidikan jarak jauh (PJJ) pada dasarnya merupakan satu alternatif untuk kebutuhan untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional di bidang pendidikan, yaitu mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Universitas Terbuka (UT) merupakan institusi pendidikan tinggi yang menerapkan sistem PJJ yang didirikan dengan tujuan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi tetapi tidak dapat bergabung pada institusi pendidikan tatap muka.

Tujuan :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara:
1. pemahaman mahasiswa UT tentang SPJJ dengan hasil belajarnya,
2. motivasi belajar dengan hasil belajar mahasiswa di UT, dan
3. pemahaman mahasiswa tentang SPJJ dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar mahasiswa di UT.

Manfaat :
Siswa berinisiatif dan bertanggung jawab terhadap proses belajarya, mereka dapat menentukan apa yang akan dipelajari, dan mereka dapat belajar dimana saja.

Rumusan Masalah :
Masalah yang perlu dihadapi adalah bagaimana cara memotivasi calon peserta didik, pengguna lulusan, dan masyarakat pengguna jasa pendidikan agar memilih UT sebagai wahana untuk belajar.

Metode Penelitian :
Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan studi korelasional untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel yang diteliti. Sementara variabel penelitian adalah pemahaman mahasiswa tentang sistem PJJ (X1), motivasi belajar (X2), dan hasil belajar mahasiswa di UT (Y).

Hasil dan Pembahasan :
1. Terdapat hubungan positif antara pemahaman mahasiswa UT tentang SPJJ dengan hasil belajar di UT sehingga diperoleh data yang menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa di UT ditentukan oleh pemahaman mahasiswa tentang sistem PJJ sebesar 52,89%.
2. terdapat hubungan positif antara motivasi belajar mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa di UT sehingga diperoleh data yang menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa di UT ditentukan oleh motivasi belajar mahasiswa itu sendiri sebesar 67,87%.
3. Terdapat hubungan yang positif antara pemahaman mahasiswa tentang SPJJ dan motivasi belajar mahasiswa secara bersama-sama dengan hasil belajar mahasiswa di UT, diperoleh hasil perhitungan koefisien korelasi ganda Ry12 sebesar 0,8592 dan koefisien determinan R2y12 = 0,7382 x 100% = 73,83% . Hal ini berarti bahwa 73,83 % variasi hasil belajar mahasiswa di UT ditentukan oleh pemahaman mahasiswa tentang SPJJ dan motivasi belajar mahasiswa secara bersama-sama.


Solusi : 
1. pihak UT pusat dan semua UPBJJ yang ada di Indonesia ini harus memotivasi mahasiswa dengan pemahaman yang mantap tentang sistem PJJ UT
2. pelayanan akademik terhadap mahasiswa, pelayanan administratif tidak kalah pentingnya untuk meningkatkan cara belajar di UT

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar